Penurunan berat badan pada anak-anak bisa menjadi sinyal bahaya

Spread the love

Gangguan kenaikkan berat badan karena sejumlah alasan lingkungan, medis, fisik atau psikologis. Karena ada banyak penyebab dan pemicu yang mungkin gangguan kenaikkan berat badan itu terjadi.  Langkah terbaik yang harus dilakukan adalah berbicara dengan dokter anak tentang gejala, berat badan yang sehat untuk anak..

Disarankan bahwa jika orang tua memperhatikan hal-hal berikut, kunjungan ke dokter anak harus dijadwalkan. Beberapa gejala dan tanda yang harus diwaspadai adalah:

• Menurunkan banyak berat badan dengan cepat.
  • Tidak makan bersama keluarga, mengatakan dia sudah makan.
  • Mengeluh bersikap dingin sepanjang waktu.
  • Keluhan nyeri saat makan atau sembelit.
  • Menjadi marah dan mudah tersinggung ketika orang tua mencoba membuatnya makan lebih normal.
  • Pada anak perempuan, memperhatikan bahwa periode menstruasi telah berhenti.

Jika penurunan berat badan disebabkan oleh kondisi medis atau merupakan efek samping dari obat, gejalanya akan bervariasi dan spesifik untuk penyebab itu. Gejala lain dapat termasuk:

• Gangguan saluran cerna khususnya hi[ersesitif saluran cerna, GERD, Dispepsia, dengan keluhan mudah mual, munta, Konstipasi, Nyeri perut. sering kembung
  • Perubahan menstruasi (menstruasi) atau tidak menstruasi
  • Dehidrasi
  • Pusing dan pingsan
  • Kelelahan (kelelahan ekstrim)
  • Merasa dingin atau suhu tubuh rendah
  • Tekanan darah rendah
  • Malnutrisi atau malnutrisi protein-kalori.
  • Pertumbuhan terhambat
  • Kelemahan

Penyebab Penurunan Berat Badan Abnormal Pediatrik dan Remaja karena kondisi medis.
Penurunan berat badan yang tidak normal dapat terjadi karena beberapa kondisi medis, efek samping dari pengobatan, atau perubahan fisik dan gaya hidup.

• Kondisi medis
    Penyakit Addison (kekurangan adrenal) – Kondisi ini menyebabkan sekresi hormon yang tidak mencukupi dari korteks adrenal, yang dapat menyebabkan penurunan
  • berat badan.
  • Kanker – Gejala umum kanker adalah penurunan berat badan, karena melawan kanker menggunakan banyak energi tubuh dan itu dapat mengubah cara tubuh memproses makanan dan nutrisi.
  • Penyakit seliaka – Kondisi ini menyebabkan usus kecil menjadi sensitif terhadap gluten. Hal ini menyebabkan kesulitan dalam memproses dan mencerna makanan.
    Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) – COPD lanjut dapat menyebabkan penurunan berat badan karena ukuran paru-paru yang bertambah, mendorong perut dan membuatnya sulit untuk makan.
  • Penyakit Crohn – Kondisi ini menyebabkan peradangan kronis pada usus, yang menyebabkan mual, sakit perut, dan kehilangan nafsu makan.
  • Depresi – Anak-anak dengan depresi dapat menurunkan berat badan karena nafsu makan menurun.
  • Diabetes – Insufisiensi insulin adalah akar penyebab diabetes. Hal ini dapat menyebabkan tubuh membakar lemak dan otot untuk energi untuk menebus hilangnya glukosa.
  • Gangguan makan – Anak kecil dan remaja terkadang mencoba mengendalikan berat badan mereka dan mengembangkan gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia.
  • Gagal jantung – Banyak pasien gagal jantung hidup dengan penurunan berat badan yang tidak disengaja. Sementara penyebab pastinya tidak diketahui, penelitian terbaru telah menemukan aliran darah berkurang dan mual yang dihasilkan mungkin menjadi alasan yang mungkin.
  • HIV / AIDS – Banyak pasien dengan HIV / AIDS mengalami penurunan berat badan karena beberapa alasan, seperti infeksi, depresi, atau rasa sakit di mulut akibat luka atau infeksi jamur.
  • Hiperkalsemia – Kondisi ini menyebabkan peningkatan kadar kalsium dalam darah, yang dapat menyebabkan penurunan nafsu makan dan sakit perut.
  • Hipertiroidisme – Dengan kondisi ini, kelenjar tiroid menghasilkan terlalu banyak hormon tiroid. Ini dapat memengaruhi metabolisme anak dan menyebabkan penurunan berat badan.
  • Parasit – Infeksi parasit dapat menyebabkan penurunan berat badan karena masalah pencernaan kronis, gangguan autoimun atau kekurangan gizi protein-kalori.
  • Penyakit Parkinson – Kondisi ini adalah kelainan progresif sistem saraf. Sementara penyebab pastinya tidak diketahui, beberapa teori menyebutkan hilangnya penciuman, energi yang dibutuhkan selama tremor atau masalah pencernaan sebagai alasan penurunan berat badan.
  • Ulkus peptikum – Ini adalah sakit yang terbentuk di lapisan sistem pencernaan, yang dapat membuat makan terasa sakit dan mengakibatkan penurunan berat badan.
  • Gangguan proses sensorik – Anak-anak dengan gangguan sensorik mungkin sangat sensitif terhadap rasa, bau atau rasa makanan atau minuman, termasuk selama menyusui.
  • Ulcerative colitis – Penyakit radang usus ini menyebabkan luka dan radang yang menyakitkan pada saluran pencernaan, membuatnya sulit untuk makan dan mengolah makanan.
BACA  YOUTUBE PILIHAN : TANGANI SULIT MAKAN PADA ANAK, HARUS TAHU PENYEBABNYA

.