PICKY EATERS CLINIC

Disfagia dan Nutrisi Pada Lansia Dengan Gangguan Stroke

Disfagia sangat lazim terjadi setelah stroke dengan perkiraan berkisar 30% -65% . Khusus untuk AS, Badan Penelitian dan Kualitas Kesehatan memperkirakan bahwa sekitar 300.000-600.000 orang mengalami disfagia sebagai akibat stroke atau lainnya. defisit neurologis. Meskipun banyak pasien mendapatkan kembali menelan fungsional secara spontan dalam bulan pertama setelah stroke,  beberapa pasien mempertahankan kesulitan menelan setelah 6 bulan. Komplikasi yang telah dikaitkan dengan disfagia pasca-stroke termasuk pneumonia,  kekurangan gizi,  dehidrasi,  hasil jangka panjang yang lebih buruk,  peningkatan lama rawat inap,  peningkatan waktu rehabilitasi dan kebutuhan akan bantuan perawatan jangka panjang,  peningkatan mortalitas, dan peningkatan biaya perawatan kesehatan. Komplikasi ini berdampak pada kesejahteraan fisik dan sosial pasien, kualitas hidup pasien dan perawat, dan pemanfaatan sumber daya perawatan kesehatan.

• Pada fase akut stroke, antara 40% -60% pasien dilaporkan mengalami kesulitan menelan. Kesulitan ini dapat berkontribusi pada malnutrisi karena terbatasnya makanan dan asupan cairan. Penurunan asupan makanan dan cairan dapat mencerminkan perubahan tingkat kesadaran, kelemahan fisik, atau ketidakseimbangan dalam mekanisme menelan. Meskipun kemungkinan kekurangan gizi meningkat di hadapan disfagia setelah stroke,  faktor pra-stroke harus dipertimbangkan ketika menilai status gizi dan memprediksi hasil stroke. Misalnya, saat masuk, sekitar 16% dari pasien stroke datang dengan defisit nutrisi. Selama rawat inap akut, defisit gizi dapat memburuk dengan prevalensi yang dilaporkan meningkat menjadi 22% -26% pada saat keluar dari perawatan akut.  Meskipun defisit gizi dan disfagia sering hidup berdampingan, kekurangan gizi tampaknya tidak terkait dengan disfagia pada fase akut stroke.  Sebaliknya, malnutrisi lebih lazim selama fase rehabilitasi pasca akut, dengan prevalensi yang dilaporkan hingga 45%,. Pengurangan asupan makanan / cairan selama rawat inap akut terkait dengan disfagia mungkin merupakan faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan tingkat kekurangan gizi selama rehabilitasi berikutnya.

Disfagia dan pneumonia pada stroke

• Pneumonia pasca-stroke adalah infeksi merugikan umum yang mempengaruhi hingga sepertiga dari pasien stroke akut. Pneumonia juga merupakan penyebab utama kematian setelah stroke, terhitung hampir 35% dari kematian pasca-stroke.36 Kebanyakan stroke- pneumonia terkait diyakini hasil dari disfagia dan aspirasi selanjutnya dari bahan orofaringeal. Aspirasi didefinisikan sebagai masuknya makanan atau cairan ke dalam saluran napas di bawah tingkat pita suara yang benar,  dan pneumonia aspirasi didefinisikan sebagai pintu masuk bahan yang tertelan ke dalam saluran napas yang menyebabkan infeksi paru-paru.
  • Sebuah tinjauan sistematis terbaru melaporkan bahwa pasien stroke dengan disfagia menunjukkan peningkatan risiko pneumonia 3 kali lipat dengan peningkatan risiko pneumonia 11 kali lipat di antara pasien dengan aspirasi yang dikonfirmasi. Seiring dengan peningkatan risiko ini, beban pneumonia aspirasi tinggi. Peningkatan biaya yang terkait dengan rawat inap yang lebih lama, 10 kecacatan yang lebih besar pada 3 dan 6 bulan, 10,38 dan status gizi yang buruk selama rawat inap10 mencirikan pneumonia aspirasi pada stroke.
  • Adanya hubungan yang kuat antara kemampuan menelan, status gizi, dan hasil kesehatan pada orang tua menunjukkan peran untuk manajemen disfagia pada populasi ini. Intervensi menelan yang sukses tidak hanya menguntungkan individu dengan merujuk pada asupan makanan / cairan oral, tetapi juga telah memperpanjang manfaat untuk status gizi dan pencegahan morbiditas terkait seperti pneumonia. Berbagai alat penanganan disfagia tersedia sambil menunggu karakteristik gangguan menelan dan pasien secara individu.
  • Manajemen Dysphagia harus dilakukan secara holistic atau menyeluruh. Banyak klinisi profesional dapat berkontribusi pada pengelolaan gejala disfagia pada pasien tertentu. Selain itu, tidak ada strategi tunggal yang sesuai untuk semua pasien lansia dengan disfagia. Penanganan perilaku dan terapi, ahli patologi wicara-bahasa (SLP) memainkan peran sentral dalam pengelolaan pasien dengan disfagia dan morbiditas terkait. Penilaian klinis SLP sering dilengkapi dengan studi pencitraan (endoskopi dan / atau fluoroskopi), dan para profesional ini dapat terlibat dalam berbagai intervensi. Beberapa strategi intervensi, disebut ‘kompensasi’, dimaksudkan untuk digunakan dalam waktu singkat pada pasien yang diperkirakan akan membaik. Kompensasi dipandang sebagai penyesuaian jangka pendek untuk pasien, makanan dan / atau cairan, atau lingkungan, dengan tujuan mempertahankan kebutuhan nutrisi dan hidrasi sampai pasien dapat melakukannya sendiri. Pasien lain memerlukan strategi rehabilitasi yang lebih langsung dan intensif untuk meningkatkan fungsi walet yang terganggu.

.