PICKY EATERS CLINIC

Tanda dan Gejala Disfagia atau Gangguan Menelan

Kesulitan menelan (disfagia) berarti dibutuhkan lebih banyak waktu dan upaya untuk memindahkan makanan atau cairan dari mulut ke perut. Disfagia merujuk pada kesulitan yang mungkin dialami seseorang dengan fase awal menelan (biasanya digambarkan sebagai “disfagia orofaringeal”) atau pada sensasi bahwa makanan dan atau cairan entah bagaimana terhambat dalam perjalanan mereka dari mulut ke perut (biasanya digambarkan sebagai “disfagia esofagus”). Dengan demikian, disfagia adalah persepsi bahwa ada halangan terhadap perjalanan normal dari bahan yang tertelan.  Disfagia juga dapat dikaitkan dengan nyeri.

Meskipun diklasifikasikan dalam “gejala dan tanda” pada ICD-10,  dalam beberapa konteks, diklasifikasikan sebagai suatu kondisi dalam dirinya sendiri. Gangguan ini  mungkin merupakan sensasi yang menunjukkan kesulitan dalam perjalanan zat padat atau cairan dari mulut ke perut, kurangnya sensasi faring atau berbagai kekurangan lainnya dari mekanisme menelan. Disfagia dibedakan dari gejala lain termasuk odinofagia, yang didefinisikan sebagai menelan yang menyakitkan,  dan globus, yang merupakan sensasi benjolan di tenggorokan. Seseorang dapat mengalami disfagia tanpa odynophagia (disfungsi tanpa rasa sakit), odynophagia tanpa disfagia (nyeri tanpa disfungsi) atau keduanya bersamaan. Disfagia psikogenik dikenal sebagai fagofobia.

Kesulitan menelan sesekali, yang mungkin terjadi ketika Anda makan terlalu cepat atau tidak cukup mengunyah makanan, biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi disfagia yang persisten dapat mengindikasikan kondisi medis serius yang membutuhkan perawatan.

Disfagia dapat terjadi pada usia berapa pun, tetapi lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua. Penyebab masalah menelan bervariasi, dan perawatan tergantung pada penyebabnya.

Tanda dan gejala

• Beberapa pasien memiliki kesadaran terbatas tentang disfagia mereka,  sehingga kurangnya gejala tidak menyingkirkan penyakit yang mendasarinya.  Ketika disfagia tidak terdiagnosis atau tidak diobati, pasien berisiko tinggi terhadap aspirasi paru dan pneumonia aspirasi berikutnya akibat makanan atau cairan yang masuk dengan cara yang salah ke paru-paru. Beberapa orang datang dengan “aspirasi diam” dan tidak batuk atau menunjukkan tanda-tanda aspirasi keluar. Disfagia yang tidak terdiagnosis juga dapat menyebabkan dehidrasi, malnutrisi, dan gagal ginjal.
  • Beberapa tanda dan gejala disfagia orofaringeal termasuk kesulitan mengendalikan makanan di mulut, ketidakmampuan untuk mengontrol makanan atau air liur di mulut, kesulitan memulai menelan, batuk, tersedak, pneumonia yang sering, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, suara lembut atau basah setelah menelan, regurgitasi hidung , dan disfagia (keluhan pasien tentang kesulitan menelan). Ketika ditanya di mana makanan tersangkut, pasien akan sering menunjuk ke daerah serviks (leher) sebagai tempat obstruksi. Situs obstruksi yang sebenarnya selalu berada pada atau di bawah tingkat di mana tingkat obstruksi dirasakan.
  • Gejala yang paling umum dari disfagia esofagus adalah ketidakmampuan untuk menelan makanan padat, yang pasien akan gambarkan sebagai ‘menjadi macet’ atau ‘tertahan’ sebelum masuk ke lambung atau dimuntahkan kembali. Nyeri saat menelan atau odynophagia adalah gejala khas yang dapat sangat menunjukkan karsinoma, meskipun juga memiliki banyak penyebab lain yang tidak terkait dengan kanker.
  • Achalasia adalah pengecualian utama pada pola disfagia yang biasa terjadi karena menelan cairan cenderung menyebabkan lebih banyak kesulitan daripada menelan makanan padat. Pada akalasia, terdapat destruksi idiopatik ganglia parasimpatis pada pleksus Auerbach (Myenteric) dari seluruh esofagus, yang menyebabkan penyempitan fungsional esofagus bagian bawah, dan kegagalan peristaltik sepanjang panjangnya.
  • Mengalami nyeri saat menelan (odinofagia)
  • Tidak bisa menelan
  • Memiliki sensasi makanan tersangkut di tenggorokan atau dada atau di belakang tulang dada Anda (sternum)
  • Mengiler