Penurunan Berat Badan “Unintentional” atau “Tidak Disengaja” pada Anak

Penurunan Berat Badan “Unintentional” atau “Tidak Disengaja” pada Anak

• Penurunan berat badan “Unintentional” atau yang tidak disengaja pada anak-anak dapat terjadi karena sejumlah alasan. Alasan-alasan ini termasuk masalah tiroid, sakit atau luka di mulut, penyakit, masalah metabolisme dan jarang, kanker.
  • Masing-masing kondisi ini menimbulkan masalah dengan penurunan berat badan pada anak-anak. Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda melihat penurunan berat badan yang drastis pada anak Anda karena dapat memiliki efek buruk pada kesehatan dan perkembangan keseluruhan anak Anda.

1557032304580-13.jpgIdentifikasi

• Untuk mengidentifikasi penurunan berat badan yang tidak disengaja pada anak Anda, penting untuk memperhatikan kebiasaan makannya serta rutinitas sehari-hari. Jika Anda memperhatikan bahwa anak Anda telah kehilangan lebih dari 5 persen dari berat tubuhnya selama periode kurang dari enam bulan, Anda harus segera menghubungi dokter Anda.
  • Cari perubahan kecil seperti sariawan, gigi lepas, keluhan nyeri atau sakit atau kehilangan nafsu makan karena masalah perilaku atau depresi. Ini semua bisa menjadi alasan penurunan berat badan anak Anda yang tidak disengaja.

1557032467733-13.jpgGejala

• Kenali memiliki gejala lain yang menyertai perubahan berat badan. Gejala-gejala ini dapat disebabkan oleh penyakit atau masalah kesehatan yang mendasarinya. Beberapa gejala-gejala ini mungkin termasuk demam, muntah, diare, batuk, sakit tenggorokan, buang air kecil berkurang dan menjadi terlalu lelah.
  • Konsultasikan dengan dokter Anda jika anak Anda mengalami gejala-gejala ini karena ia mungkin perlu mengevaluasi anak Anda.

Kemungkinan penyebab

• Ada berbagai kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak disengaja pada anak.
  • Beberapa kondisi ini termasuk: masalah pencernaan, depresi atau ketidakstabilan mental, diabetes, masalah tiroid, penyakit kardiovaskular, infeksi atau perubahan dalam pengobatan.
  • Penting untuk mendiskusikan semua kemungkinan ini serta kesehatan anak Anda secara keseluruhan dengan praktisi medis Anda untuk menemukan penyebab masalah penurunan berat badan anak Anda.

Kanker Anak: Penyebab Jarang

• Penyebab lain yang mungkin untuk penurunan berat badan yang tidak disengaja pada anak-anak adalah kanker anak-anak. Ada beberapa jenis kanker yang mengganggu anak-anak yang harus dipertimbangkan. Menurut National Cancer Institute, satu atau dua anak dari setiap 10.000 anak di AS didiagnosis menderita kanker setiap tahun. Di antaranya adalah neuroblastoma dan leukemia. Anak-anak dengan kanker dapat menunjukkan gejala-gejala yang meliputi penurunan berat badan yang terus menerus dan tidak dapat dijelaskan, benjolan yang berkembang, sakit kepala persisten, muntah dan perubahan mata atau penglihatan. Jika anak Anda mengalami salah satu dari gejala ini, dan gejala itu muncul tiba-tiba, konsultasikan dengan dokter Anda untuk diagnosis lebih lanjut.

Potensi Masalah Kesehatan

• Jika penurunan berat badan anak Anda yang tidak dapat dijelaskan tidak diobati, mungkin ada risiko kesehatan yang serius. Jika anak Anda tidak mendapatkan cukup vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuhnya agar tetap sehat karena masalah yang mendasarinya, itu dapat menyebabkan kekurangan gizi. Kondisi ini dapat menimbulkan masalah dengan pertumbuhan dan perkembangan.

1557032467733-13.jpgPengobatan

• Setiap anak berbeda dan perawatan untuk penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan bervariasi dari satu ke yang lain. Setelah dokter Anda mendiagnosis masalah sebenarnya di balik penurunan berat badan anak Anda yang tidak disengaja, ia akan membahas rencana tindakan. Dia mungkin menyarankan peningkatan asupan kalori, suplemen, atau perubahan aktivitas sehari-hari – yang semuanya mungkin memiliki efek signifikan pada masalah kesehatan dan berat badan anak Anda secara keseluruhan.
  • Anak Anda mungkin memerlukan perawatan yang lebih agresif seperti radiasi dan kemoterapi atau bahkan pembedahan jika ia didiagnosis menderita kanker anak

wp-1558867769124..jpg

Iklan